Ciptakan System Bisnis dengan BUSINESS BLUEPRINT

2019-02-10 20:52:28

Business Blueprintadalah suatu diagram atau chartmengenai gambaran bisnis secara keseluruhan yang harus diperhatikan oleh para pengusaha, pemimpin, maupun para eksekutif yang benar-benar ingin mengatur dan mengelola bisnisnya dengan baik dan benar.

Ada 4 hal mendasar yang harus diperhatikan jika membangun bisnis, yaitu:

1. Ke mana Arah Bisnis Kita?
Banyak para pebisnis atau pengusaha yang tidak mengetahui dengan jelas apa yang ingin mereka capai di dalam bisnisnya. Ini akan menyulitkan dalam mengarahkan tim atau orang-orang yang terlibat di dalam bisnis tersebut. Atau masing-masing menuju arah yang berbeda, sehingga arah bisnis pun menjadi tidak jelas.

2. Bagaimana Aturan atau Ketentuan yang Disepakati Harus Dilakukan?
Jika aturan atau ketentuan yang disepakati tidak jelas atau bahkan tidak ada, maka aturan bisnis menjadi sembarangan. Semua orang yang ada di dalamnya akan mempunyai aturan sendiri-sendiri, sehingga tidak terintegrasi dan tersistemasi secara baik. Akibatnya akan susah dalam menentukan ukuran.

3. Apakah Segala Sesuatu Dalam Bisnis Dapat Diukur?
“Jika Anda tidak dapat mengukur, maka Anda tidak dapat mengaturnya,” itu lah yang dikatakan oleh Peter F. Drucker.

Segala sesuatu yang Anda lakukan di dalam perusahaan harus mempunyai alat ukur dan harus dipahami serta diketahui oleh orang yang pekerja dan pengawas.

4. Siapa yang Bertanggung Jawab?
Setiap organisasi atau departemen harus mempunyai pemimpin, agar ada yang mengawasi jalannya bisnis, sehingga semua lini atau bagian memiliki rantai tanggung jawab yang jelas.

Maka dari keempat hal di atas dapat disimpulkan, bahwa kita harus memiliki TUJUAN, ATURAN, UKURAN. dan TANGGUNG JAWAB.


>>> Lanjutkan Artikel Lengkap >>>

Back to Articles Category

Messages