UNBUNDLING Business Model

2019-02-10 16:20:04

Salam Sukses Luar Biasa SMARTpreneur Indonesia,....

Apa Unbundling Businessitu?
Unbundling Business adalah jenis bisnis yang sulit untuk disatukan dalam pengelolaannya, dan dapat menciptakan ketidak efisienan dalam menjalankannya karena memiliki fundamental yang berbeda..

Dalam pengelolaan sebuah bisnis yang efisien, para pelaku bisnis perlu memahami kondisi tersebut. Pemahaman terhadap hal tersebut akan memudahkan untuk menentukan arah bisnis yang akan dijalankan.

Pada kondisi masa lalu mungkin tidak terlalu mempengaruhi bisnis yang dijalankan, namun dengan bisnis saat ini yang menghadapi kondisi VUCA,Volatility(Ketidakjelasan), Uncertainty(Ketidakpastian), Complexity(Kerumitan), dan Ambiguity(Kerancuan), yang mengakibatkan ancaman dari musuh yang sulit untuk diprediksi, populer dengan sebutan era DISRUPTION, maka para pebisnis perlu lebih fokus dalam melihat apa yang akan dilakukan untuk GOALS bisnis ke depan.

Berdasarkan buku Alexander Osterwalder (Founder Strategyzer Academy), Business Model Generationada 3 kategori fundamental bisnis UNBUNDLING, yaitu bisnis yang fokus utamanya di CUSTOMER RELATIONSHIPPRODUCT INNOVATION, dan INFRASTRUCTURE. Tiga jenis bisnis ini memiliki tantangan Ekonomi, Kompetitif dan budaya yang berbeda.

Mari kita bahas satu persatu jenis bisnis tersebut:

1. Customer Relationship(Hubungan Pelanggan)
Jenis bisnis ini lebih mengutamakan operasional bisnisnya dengan menjaga hubungan pelanggan, memahami kebutuhan dan pelayanan yang dibutuhkan pelanggan, serta melakukan pembiayaan dan promosi yang cukup konsisten untuk terus meningkatkan jumlah pelanggan yang membeli produk dan jasa mereka.

 >>> Lanjutkan Artikel Lengkap >>>


Back to Articles Category

Messages